Sambutan Abi Bachtiar Nasir

Pembina Sekolah Hafizh Qur`an

Assalamulaikum WaRahmatullahi WaBarakatuh,,,

Ditengah kebutuhan masyarakat urban khususnya kelas menengah di Jakarta ini, banyak sekali yang menginginkan agar tumbuh kembang anaknya secara educated bersama al-Qur’an al-Kariim, dan ini tentu menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat perkotaan di seluruh Indonesia.

Dan dilatarbelakangi oleh semangat membangun peradaban Indonesia bersama al-Qur’an, maka kami ingin bercita-cita ingin membangun generasi qur’an sejak dini jiilqur’ani (generasi al-Qur’an), maka lahirlah Sekolah Hafizh Qur`an yang berbeda dengan umumnya lembaga-lembaga sekolah qur’an lainnya.

Tujuan utama daripada Sekolah Hafizh Qur`an ini adalah tentu sebagaimana misi dari qur’an itu sendiri yaitu: mentauhidkan anak-anak kita semua, agar mereka punya ikatan sistem nilai dengan sistem ikatan yang absolut kebenarannya, dan agar anak-anak kita juga tumbuh kembang dengan landasan ideologi yang kuat, kokoh, tangguh disegala peristiwa dan zaman.

Dan untuk itulah maka tujuan utama daripada lahirnya Sekolah Hafizh Qur`an adalah membangun jiwa tauhid kepada anak tapi juga berbakti kepada ayah dan bundanya, sehingga menjadi anak sholih yang membanggakan dan menjadi permata hati bagi kedua orang tuanya, sejak orang tua masih hidup maupun sudah wafat. Namun tidak saja cukup kecerdasan untuk melakukan semua percepatan dan capaian-capaian hidup khususnya di bidang kesejahteraan, maka anak-anak kita juga harus dicerdaskan dan tentu goals utamanya juga adalah: terbentuknya karakter anak-anak yang berakhlaqulkarimah (berakhlaqmulia).

Kemudian mengapa harus ke SHQ? Pertama, harapan-harapan yang diharapkan ayah bunda agar anak-anak tumbuh kembang bersama al-Qur’an secara cerdas, kekinian, dan menjadi anak-anak yang mampu berinteraksi dengan zamannya, disinilah kemudian SHQ hadir. Tapi pada saat yang sama juga yaitu menjawab keinginan anak-anak, anak-anak suka ketika metode belajar disertai dengan bermain, berlomba. Tapi secara subtentif anak-anak juga belajar bagaimana memahami al-Qur’an seperti yang diinginkan al-Qur’an, bagaimana berinteraksi dengan al-Qur’an dengan pendekatan yang cocok menurut al-Qur’an.

Lalu kemudian, disinilah anak-anak kita dipadukan metodologinya sesuai dengan fitrahnya, sesuai dengan usianya, dan tentu juga sesuai dengan lingkungan dari zaman nya. Karena itulah, Sekolah Hafizh Qur`an akan menjawab harapan orangtua sekaligus juga memenuhi keinginan anak-anak kita. Dan mudah-mudahan terbangunlah peradaban Indonesia yang kuat bersama al-Qur’an.

Mari,  bergabung di Sekolah Hafizh Qur’an dan masukkan anak-anak kita semua agar mereka saling berinteraksi dengan kawan-kawan, dengan lingkungan yang sevisi dengan mereka. Dan lebih dari itu, orangtua juga kami pertemukan agar terjadilah sebuah lingkungan komunitas Qur’ani di kalangan orangtua yang saling take and give tentang tumbuh kembang anaknya bersama al-Qur’an.

Dan tentu bersama saya Bachtiar Nasir dan guru-guru yang kami bina, kita akan bersama-sama membangun generasi yang baru, generasi al-Qur’an. Selamat datang di Sekolah Hafizh Qur`an. Bertauhid, Berbakti, Cerdas, Berakhlaq.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sambutan Ustadz Hendra Hudaya

Direktur Sekolah Hafizh Quran

Peradaban sebuah bangsa akan bangkit kembali jika kembali kepada falsafah kehidupan yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Mencipta. Tidak sekedar melahirkan tapi membangun peradaban menuju kebahagian dunia dan akhirat. Keluarga adalah tonggak utama dalam membangun peradaban. Kokoh lemahnya peradaban tergantung sejauhmana peran keluarga dalam menyemai tunas-tunas bangsa.

Sekolah Hafizh Qur`an (SHQ) lahir menjawab tantangan peradaban baru, bertarung melawan cara pandang yang telah ternodai oleh faham liberalis, kapitalis dan sekuler. SHQ menjadi partner keluarga dalam mendidik anak di era digital, dimana syahwat lebih cepat berkembang dibanding akal anak  dan menata jiwa anak dengan keberkahan Al-Qur`an untuk bisa berjuang menhadapi tantangan zaman.

SHQ memiliki komitmen yang kuat untuk melahirkan generasi Hafizh Qur`an, bukan hanya hafal Al-Qur`an tapi mampu menjadi “Penjaga Al-Qur`an”. Dimulai dari tidak bisa baca Al-Qur`an menjadi bisa baca, dari bisa baca menjadi bisa khatam tilawah, dari khatam tilawah menjadi hafal Al-Qur`an yang bersanad dan bisa memberi sanad, dari bisa memberi sanad menjadi bisa mentadabburi, mengamalkan dan mengajarkannya.

Semoga SHQ menjadi prototype system pendidikan dasar dalam Islam  seperti yang telah diterapkan di era awal Islam. Sekolah Hafizh Qur`an; Bertauhid, Berbakti, Cerdas, berakhlak.

Profil Sekolah Hafizh Qur`an Anak Juara

 

Landasan

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَـٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS. Al-Baqarah: 121)

 

Latar Belakang

  • Allah Subahanahu wa ta’ala menurunkan Al-Qur`an untuk dibaca dengan sebenar-benar bacaan, untuk dapat memahami dan mengamalkan Al-Qur`an sebagai bukti iman kepada kitab Allah.
  • Karenanya perlu adanya lembaga pembelajaran Al-Qur`an -dari mulai membaca, menulis, sampai mentadabburi- yang akan membimbing umat untuk berinteraksi dengan Al-Qur`an sejak usia dini.
  • Sekolah Hafizh Qur`an Anak Juara menjadi pusat pembelajaran Al-Qur`an untuk memberantas umat dari buta baca Al-Qur`an, buta tulis Al-Qur`an dan buta makna Al-Qur`an.

 

Target Utama SHQ Anak Juara :

Bertauhid, Berbakti, Cerdas, Berakhlak

 

Visi & Misi

Visi: “Melahirkan anak-anak juara bersama Al-Qur`an

Misi:

  1. Menanamkan nilai-nilai iman kepada Al-Qur`an
  2. Mewujudkan lembaga tahfizh yang mengharmonikan tahfizh, ta’ahud, tafhim dan tathbiq al-Qur`an untuk anak-anak dengan metode “Nikmatnya menghafal al-Qur`an”
  3. Mencetak generasi penjaga/hafizh dan pengamal al-Qur`an sepanjang hidup.

YAYASAN

AQL ( Ar-Rahman Qur’anic Learning Center) yang berdiri pada 1 Muharram 1429 H ( 29 Desember 2008 ) adalah sebuah lembaga yang memiliki gerakan “islah”/perbaikan dan “tajdid”/pembaharuan, bergerak di bidang DAKWAH, PENDIDIKAN, SOSIAL, EKONOMI, KADERISASI yang bersemangat untuk mengembalikan masyarakat umum kepada Al-Qur’an

Akta Notaris Shinta Dewi, SH. No. 6.- pada tanggal 21 Desember 2013. SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU – 145.AH.01.04.Tahun 2014

SHQ Pusat

Jl.Tebet Raya no.16, Jakarta, Indonesia 12820

Telp/Fax : (021) 831 2773

sekolahhafizhquran@gmail.com

0812 8630 9644

Follow kami

SekolahHafizhQuran